Pola Pertumbuhan Tanaman

POLA PERTUMBUHAN

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pertumbuhan biologis terjadi dengan dua fenomena yang berbeda antara satu sama lain. Pertambahan volume sel dan pertambahan jumlah sel. Pertambahan volume sel merupakan hasil sintesa dan akumulasi protein, organel-organel dan bahan-bahan penyusun sel yang lain. Sedang pertambahan jumlah sel terjadi dengan pembelahan sel.

1.2 Tujuan Bertujuan menyelidiki di mana pemanjangan akar terjadi dan bagaimana sel pada daerah tumbuh.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Secara umum pertumbuhan berarti pertambahan ukuran karena organisme multisel tumbuh dari zigot, pertumbuhan itu bukan hanya dalam volume, tapi juga dalam bobot, jumlah sel, banyaknya protoplasma, dan tingkat kerumitan. Pada banyak kajian, pertumbuhan perlu di ukur. Teorinya, semua ciri pertumbuhan yang tadi disebutkan diatas bisa di ukur, tapi ada dua macam pengukuran yang lazim digunakan untuk mengukur pertumbuhan volume/massa.(Salisburg, 1995).

Ada dua macam kejadian yang terjadi pada perkecambahan yakni terjadinya pertumbuhan atau proses biologis yang terjadi pada makhluk hidup dengan di tandai dengan pertambahan jumlah dan volume sel, kedua terjadi perkembangan atau proses kedewasaan menuju ke individu yang lebih matang (Atinirmala, 2006).

Pertumbuhan pada tumbuhan berlangsung terbatas pada beberapa bagian tertentu. Yang terdiri dari sejumlah sel yang baru saja di hasilkan melalui proses pembelahan sel pada meristem. Pertumbuhan mudah dirincikan dengan pembelahan sel meristem .(Ross, 1995).

Pertumbuhan biologis terjadi dengan dua fenomena yang berbeda antara satu sama lain. Pertambahan volume sel merupakan hasil sintesa dan akumulasi protein, organel-organel dan bahan-bahan penyusun sel yang lain. Sedang pertambahan jumlah sel terjadi dengan pembelahan sel. Pertumbuhan akar tanaman merupakan hasil dari pertumbuhan jumlah sel dan pertambahan volume sel secara bersama-sama. Selama proses pembelahan sel, kromatin (DNA dan komplek protein) terduplikasi, kromatin yang terduplikasi memisah menjadi dua terbagi menjadi dua bagian yang identik satu sama lain, sel induk terbagi menjadi dua bagian yang sama, masing-masing setengah bagian. Kegiatan pembelahan sel biasanya terjadi pada daerah tumbuh dari tanaman (misalnya pucuk tanaman dan ujung akar) dan binatang (misalnya pada perkembangan embrio dan sumsum tulang punggung). Pertumbuhan akar merupakan hasil dari pertambahan jumlah sel dan pertambahan volume sel secara bersama-sama. Pertambahan sel terjadi pada daerah tumbuh (germinal regions) yang disebut dengan jaringan meristem. Dan dibelakang daerah tersebut terjadi pertambahan ukuran sel dan terjadi diferensiasi sel hingga terbentuk sel fungsional .(Roswitawati, 2008).

Banyak faktor yang mepengaruhi pertumbuhan di antaranya adal faktor genetik untuk internal dan faktor eksternal terdiri dari cahaya, kelembapan, suhu, air, dan hormon. Untuk proses perkecambahan banyak di pengaruhi oleh faktor cahaya dan hormon, walaupun faktor yang lain ikut mempengaruhi. (untung, 1992).

Menurut leteratur perkecambahan di pengaruhi oleh hormon auxin , jika melakukan perkecambahan di tempat yang gelap maka akan tumbuh lebih cepat namun bengkok, hal itu disebabkan karena hormon auxin sangat peka terhadap cahaya, jika pertumbuhannya kurang merata. Sedangkan di tempat yang perkecambahan akan terjadi relatif lebih lama, hal itu juga di sebabkan pengaruh hormon auxin yang aktif secara merata ketika terkena cahaya. Sehingga di hasilkan tumbuhan yang normal atau lurus menjulur ke atas. (Heddy, 1986).

BAB III PENUTUP

3.1 Data Pengamatan

A. Pertumbuhan di tempat terang

No Hari ke-1 (mm) Hari ke-2 (mm) Hari ke-3 (mm)

1 – 3 – 7 – 13

2 – 6,5 – 12 – 17

3 -4 – 10 – 16

4 – 10 – 15 – 20

5 – 7,5 – 13 – 19

 -31 -57 – 85

B. Pertumbuhan di tempat gelap

No Hari ke-1 (mm) Hari ke-2 (mm) Hari ke-3 (mm)

1 – 10 – 20 – 27

2 – 15 – 30 – 38

3 – 7 – 15 – 24

4 – 10 – 20 – 30

5 – 10 – 25 – 33

 52 – 110 – 152

Perhitungan

Pertumbuhan di tempat terang

Rata-rata hari ke-1 = 31:5 = 6,2 mm

Rata-rata hari ke-2 = 57:5 = 11,4 mm

Rata-rata hari ke-3 = 85:5 = 17 mm

Rata-rata keseluruhan = (6,2+11,4+17):5 = 34,6:5 = 6,92 mm

Pertumbuhan di tempat gelap

Rata-rata hari ke-1 = 52:5 = 10,4 mm

Rata-rata hari ke-2 = 110:5 = 22 mm

Rata-rata hari ke-3 = 152:5 = 30,4 mm

Rata-rata keseluruhan = (10,4+22+30,4):5 = 62,8:5 = 12,56 mm

3.2 Kesimpulan
Dari pratikum yang telah dilaksanakan, pratikan dapat mengambil kesimpulan :

 Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran volume sel yang disebabkan karena hasil sintesa dan akumulasi protein, organel-organel dan bahan-bahan penyusun sel yang lain.

 Pertumbuhan berlangsung terbatas pada beberapa bagian tertentu, salah satunya pembelahan sel dibagian meristem.

 Pertumbuhan akar tanaman merupakan hasil dari pertambahan jumlah sel dan pertambahan volume sel secara bersama-sama.

 Rata-rata pertumbuhan kecambah pada daerah gelap lebih besar dari pada kecambah pada daerah terang.

 Pada perkecambahan terdapat hormone auxin yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel.

3.3 Saran Penulis sadar bahwa dalam penulisan laporan ini terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun agar dalam penulisan laporan selanjutnya dapat lebih baik. Lebih kurangnya penulis minta maaf, sesungguhnya kebenaran hanya milik Allah. Terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA

Atinirmala, Pratita. 2006. Biologi Praktis. Kreasi Wacana. Yogyakarta.

Heddy, Suwarsono. 1986. Hormon pertumbuhan. CV.Rajawali. Jakarta.

Untung, Santoso. 1992. Biologi Pertanian. Universitas Muhamadiyah Malang. Malang.

Roewitawati, Dyah dkk. 2008. Buku Petunjuk Pratikum Biologi Umum Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang

Ross, Cleon W. 1995. Fisiologi Tumbuhan. Institut Teknologi Bandung. Bandung Salisburg, Frank. 1995. Fisiologi Tumbuhan Jilid 3. Institut Teknologi Bandung. Bandung

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: