Tinjauan Pustaka Pratikum Pemindahan Tanaman

Benih disebar langsung ditempat tanam permanen (disaat seeding, sebar langsung) atau mula-mula wadah atau tempat dimana tanaman muda dapat dipindahkan (transplanting) sekali atau dua kali sebelum penanaman permanen. Penyemaian atau pembiitan ditujukan untuk menenam bibit atau semai untuk memberikan pengaturan lingkungan yang lebih tepat, selama tahap perkecambahan yang gawat dan awal pembibitan bibit. Pembibitan merupakan bagian khusus dari pembiakan dengan biji, benih dapat dikecambahkan dahulu baik-baik semai yang berisi meida, kemudian bibit kecil dipindahkan kewadah yang cocok (sugito, 1994).
Pemindahan kelapang merupakan bagian dari pembiakan biji dan pembiakan vegetative, transplant dapat ditanamkan masih beserta tanah atau dengan akar telanjang. Penanaman dari tanaman-tanamna berakar telanjang seperti tomat, strowberi, kubis, seledri, cabai, cocok untuk cara pemindahan dengan sesin. Tanaman yang berakar itu harus ditutup dengan lumpur/ jerami untuk menghindari kekeringan. Saat pemindahan dipengaruhi keadaan cuaca, laju transpirasi yang rendah mempercepat pemuliaan kerusakan akibat transplanting (abiding, 1987).
Pemindahan terbaik dilakukan dengan media tanah yang cukup basahnya untuk mudah ditarik tetapi tidak cukup basah menjadi lengket, sebelum dipindahkan kepala bibit tersebut dipindahkan kebedengan pembibitan. Bedengan persemaian hatus telah disiapkan baik-baik. Tanah harus gembur dan bersih dari rumput-rumputan. Dalam pembibitan tersebut, bibit ditanama dalam bedengan tanah atau serpihan yaitu bumbungan (Harjadi, 1979).

DAFTAR PUSTAKA
Harjadi, srisetyadi. 1979. Pengantar Agronomi. Jakarta: PT. Gramedia
Zainudin, dkk. 2009.Petunjuk Pratikum Terpadu Dasar-Dasar Agronomi. Malang: Lab Agronomi UMM

Tar data pengamatan, pembahasan, dan kesimpulan di buat sendiri ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: