1000 Alasan Mempelajari APLIKASI KOMPUTER

Kita tau bahwasanya sekarang dunia ini penuh dengan teknologi modern.Sehingga diperlukan wawasan tentang teknologi agar tidak tertinggal di dalam persaingan global seperti sekarang.Seperti dengan adanya internet yang dapat memudahkan kita berhubungan dengan dunia luar.Akan tetapi sebelum itu setidaknya kita memahami dulu apa itu aplikasi komputer.Karena banyak dewasa ini kurang begitu memahami konsep aplikasi komputer.
Alasan saya mempeajari aplikasi komputer; agar dapat menggunakan media tersebut sebagai sarana belajar, untuk membantu mengaplikasikan sesuatu untuk diterapkan di lapangan,dan juga agar dapat memperdalam kemampuan tentang komputer serta tentang pengetahuan internet dapat terus meningkat.

Selain alasan diatas, perlunya mempelajari aplikasi komputer karena salah satu aspek penggunaan gis untuk pengelolahan lahan pertanian sebagai salah satu kemajuan teknologi berbasis computer dibidang pertanian. Secara umum GIS (Geographical Information System) atau dikenal pula dengan SIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan sistem infomasi berbasis komputer yang menggabungkan antara unsur peta (geografis) dan informasinya tentang peta tersebut (data atribut) yang dirancang untuk mendapatkan, mengolah, memanipulasi, analisa, memperagakan dan menampilkan data spatial untuk menyelesaikan perencanaan,mengolah dan meneliti permasalahan.
Beberapa contoh software GIS adalah
a. ArcView,
b. MapInfo,
c. ArcInfo untuk SIG; CAD system untuk entry graphic data; dan ERDAS serta ER-MAP untuk proses remote sensing data.
d. Modul dasar perangkat lunak SIG: modul pemasukan dan pembetulan data, modul penyimpanan dan pengorganisasian data, modul pemrosesan dan penyajian data, modul transformasi data, modul interaksi dengan pengguna (input query)
Perlunya Aplikasi GIS Partisipatif di Indonesia Secara Menyeluruh
Untuk mengetahui manfaat dan penggunaan software tersebut diperlukan suatu pengetahuan dasar tentang aplikasi komputer.

Fakta di atas menunjukkan kegiatan yang menggunakan pendekatan GIS Partisipatif telah dilakukan di Indonesia. Pemikiran selanjutnya adalah bagaimana kegiatan ini dilakukan secara menyeluruh dan dilakukan secara bersama dengan melakukan kolaborasi antara masyarakat, LSM, organisasi pemerintah, perguruan tinggi. Dukungan dari organisasi terkait dengan perencanaan, konservasi dan pemberdayaan masyarakat sangat penting dalam mensukseskan kegiatan GIS sebagai salah satu tools yang mengintegrasikan berbagai kepentingan dalam masyarakat.

Sistem Informasi Geografis (SIG) dipergunakan untuk membentuk basis data pertanian yang mantap sebagai bahan pengambilan keputusan kebijaksanaan yang berkaitan dengan areal atau kawasan pertanian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: